Home  Inilah Tanda Kamu Harus Pindah ke Layanan VPS

Inilah Tanda Kamu Harus Pindah ke Layanan VPS

teknohow.comTanda Harus Pindah ke VPS – Seperti yang diketahui, ada beberapa jenis hosting yang umum digunakan untuk kebutuhan website, mulai dari shared hosting, VPS hosting, dedicated hosting dan cloud hosting.

Nah, umumnya para pemula masih menggunakan shared hosting dengan sistem partisi. Selain karena murah, setting setup yang tersedia lebih user-friendly. Hanya saja, karena bersifat shared maka kapasitas yang didapatkan tentu lebih kecil. Hal inilah yang menjadi alasan pertama kenapa kamu harus pindah ke layanan VPS.

Ya, berbeda dengan jenis hosting shared, VPS (Virtual Private Server) menawarkan konsep virtual yang mana user mendapatkan resource tetap (dedicated). Penggunaan hosting privat juga terbukti mampu membuat website jauh lebih stabil dan aman.  

Lantas, bagaimana tanda-tanda sebuah website harus segera pindah VPS? Sebelum itu, cari tahu terlebih dahulu apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih VPS Indonesia yang nantinya akan digunakan.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih VPS

1. Perhatikan OS yang Tersedia

Mulai dari memperhatikan Sistem Operasi (OS). DI mana idealnya perangkat menggunakan OS Linux atau Windows. 

VPS untuk Windows sendiri menawarkan user interface yang cukup intuitif, kompatibel dengan berbagai aplikasi third party serta lebih mudah digunakan. 

Hanya saja, Windows VPS masih rentan terhadap malware. Sehingga bisa dikatakan jauh lebih aman menggunakan VPS Linux, namun dengan sistem pengelolaan yang lebih rumit..

2. Hardisk yang Dipakai

Mempertimbangkan hardisk termasuk bagian penting sebelum memilih VPS. Mengingat ketersediaan VPS sekarang ini lebih banyak diperuntukkan khusus bagi pengguna SSD (solid state drive). Hal ini dikarenakan perangkat dengan tipe hardisk SSD dapat menghasilkan performa lebih cepat dan lebih stabil. 

Sementara itu, apabila sistem web membutuhkan banyak ruang penyimpanan namun kapasitas yang disewa rendah, besar kemungkinan akan dikenakan biaya lebih. 

Jadi, untuk menghindari hal tersebut, pastikan hardisk kamu sudah SSD demi penggunaan VPS yang menguntungkan, bukan malah merugikan.

3. Disesuaikan dengan Rencana

Selain pertimbangan OS dan hardisk, penyesuaian dengan rencana juga perlu dipertimbangkan, mengingat rumitnya pemindahan layanan VPS dibandingkan shared hosting. 

Mulai dari penyesuaian terhadap lama waktu penggunaan VPS, apakah untuk jangka panjang atau pendek. Sehingga dengan begitu dapat menentukan proses migrasi hosting efektif yang mungkin dilakukan.

4. Backup Berkala

Pertimbangan selanjutnya sebelum memilih VPS yaitu dilihat dari adanya layanan backup secara berkala. Di mana rata-rata pengguna VPS sangat jarang membackup data secara berkala. Akibatnya, banyak data penting yang hilang. 

Keteledoran ini tentu amat merugikan, terutama bagi kamu yang mengelola bisnis online. Jadi, pastikan kamu memilih VPS yang telah dilengkapi dengan layanan backup berkala.

5. Pemilihan Lokasi Harus Tepat

Jika sebelumnya kamu tidak mempermasalahkan lokasi server, penentuan kriteria ini menjadi krusial bagi calon pengguna VPS. Gunakan VPS dengan server berlokasi di Indonesia untuk mengurangi delay yang mungkin terjadi.

6. Teknologi VPS yang Digunakan

Kecanggihan sistem website yang ada sekarang memerlukan dukungan penggunaan teknologi yang mumpuni. Semisal, versi kernel yang digunakan dalam cloud VPS. Beberapa di antaranya tidak mendukung versi kernel tertentu. Maka dari itu, pertimbangkanlah teknologi yang digunakan.

Apa Saja Tanda-Tanda Harus Pindah VPS?

Selain mempersiapkan beberapa hal di atas, kamu juga perlu jeli dan peka dengan beberapa tanda berikut yang merupakan indikasi bahwa kamu harus pindah ke layanan VPS.

1. Trafik Web Sudah Tinggi

Makin lama sebuah website dikembangkan, kemungkinan trafik web pun akan meningkat seiring berjalannya waktu. Jumlah trafik yang melonjak ini menjadi dasar bahwa website sudah tidak cocok lagi dengan hosting berkapasitas rendah. 

Nah, demi mempertahankan trafik yang sudah melambung, segera gunakan VPS yang menyediakan kapasitas besar dan mampu menampung trafik yang semakin tinggi.

2. Punya Banyak Klien

Selain jumlah trafik, bertambahnya jumlah klien juga merupakan tanda bahwa website kamu harus segera menggunakan layanan VPS.

3. Butuh Akses Root Secara Penuh

Tanda lainnya yang merupakan penanda sebuah website harus segera pindah ke layanan hosting VPS adalah keinginan untuk memiliki kontrol penuh terhadap server. Kebutuhan ini disebut sebagai akses full root, yang mana pemilik website memiliki peran setara dengan akses super administrator.

4. Ingin Bebas Konfigurasi Server dan Instalasi Aplikasi Tambahan

Selain akses root, VPS memungkinkan pemilik website untuk melakukan konfigurasi bebas terhadap server. Ditambah lagi kamu dapat menginstall aplikasi tambahan dengan space besar, yang mana fasilitas ini hanya tersedia jika kamu menggunakan layanan hosting VPS.

5. Kamu Mempunyai Keahlian Teknis untuk Mengelola Server

Seiring berjalannya waktu, pengetahuan dan kemampuan seseorang dalam mengelola website secara teknis tentu akan meningkat. Di samping itu, keinginan untuk mengelola server pun biasanya akan lebih menggebu. 

Nah, bila kamu merasakan hal yang sama, layanan VPS-lah yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja tanda harus pindah layanan VPS. Jika website kamu sudah menunjukkan tanda-tanda di atas, segera pilih layanan hosting VPS terbaik untuk memenuhi kebutuhan website kamu yang semakin berkembang.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA